Tabungan Syariah: Ketahui Prinsip, Jenis, dan Kelebihannya


 PT Efunding Teknologi Keuangan - Pioneer Funding Agent Syariah di Indonesia


Tabungan syariah adalah salah satu produk perbankan syariah yang sangat penting. Produk simpanan ini dapat membantu seseorang dalam mengatur keuangan dan mencapai tujuan finansialnya.

Saat ini, semakin banyak orang yang memilih tabungan syariah sebagai alternatif tabungan konvensional. Apa itu tabungan syariah dan apa kelebihannya dibandingkan tabungan konvensional?

Apa Itu Tabungan Syariah?

Tabungan syariah adalah produk simpanan yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan syariah, seperti bank syariah maupun koperasi syariah.

Perbedaan tabungan syariah dan tabungan konvensional terletak pada prinsipnya di mana seluruh transaksi menggunakan dasar aturan Islam. Sementara tabungan konvensional tidak mengikuti prinsip syariah.

Hal ini dapat dilihat pada tabungan syariah yang harus berdasarkan akad syariah seperti mudharabah dan wadiah. Dengan demikian, hukum tabungan bank syariah diperbolehkan dalam Islam sebagaimana tertuang di dalam Fatwa MUI Nomor 02/DSN-MUI/IV/2000.

Prinsip Tabungan Syariah

Seperti yang diketahui, produk bank syariah harus memakai prinsip-prinsip Islam. Berikut ini sejumlah prinsip yang digunakan ada produk tabungan syariah:

Tidak Ada Bunga

Tabungan syariah melarang pengambilan bunga atau riba dalam bentuk apapun.

Dalam konteks tabungan syariah, riba diartikan sebagai pengambilan keuntungan yang diperoleh secara tidak wajar atau tanpa adanya perhitungan yang jelas. Nah, sebagai pengganti bunga, bank syariah menawarkan sistem bagi hasil atau nisbah.

Penggunaan Dana Nasabah Hanya Pada Sektor Halal

Bank yang menawarkan produk tabungan syariah harus memastikan bahwa dana yang dikumpulkan dari nasabah tidak digunakan untuk investasi yang bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah.

Tabungan syariah mempromosikan investasi pada sektor riil yang sesuai dengan prinsip syariah, seperti sektor pertanian, perdagangan, dan investasi pada proyek-proyek yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kemudian, nasabah dan bank akan membagi keuntungan dari investasi tersebut.

Tidak Ada Transaksi Spekulatif

Tabungan syariah tidak memperbolehkan transaksi spekulatif atau transaksi yang tidak jelas risikonya dan tidak memiliki nilai tambah yang jelas bagi pihak yang terlibat.

Maka dari itulah, bank yang menawarkan produk tabungan syariah harus memberikan keterbukaan informasi tentang pengelolaan dana nasabah dan keuntungan yang diperoleh.

Hal ini akan membuat nasabah lebih percaya dan yakin dengan produk yang ditawarkan.

Etika dalam Transaksi Keuangan

Produk ini didesain untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang ingin menabung dengan cara yang halal dan sesuai dengan ajaran Islam.

Untuk itulah, tabungan syariah memperhatikan etika dalam transaksi keuangan, sehingga mempromosikan transaksi yang jujur, adil, dan bertanggung jawab.

Jenis-Jenis Tabungan Syariah

Ada beberapa jenis tabungan syariah yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk membuka produk satu ini.

Berikut ini adalah jenis-jenis tabungan syariah yang perlu Anda ketahui.

Tabungan Syariah Biasa

Tabungan syariah reguler adalah jenis tabungan syariah yang paling umum. Produk tabungan syariah reguler ini mirip dengan tabungan konvensional.

Tetapi perbedaannya dengan tabungan konvensional yaitu didasarkan pada prinsip-prinsip syariah yang melarang riba dan aktivitas-aktivitas yang tidak beretika. Nasabah akan mendapatkan keuntungan berupa bagi hasil.

Tabungan Haji

Tabungan haji adalah jenis tabungan syariah yang khusus disediakan untuk membantu nasabah menunaikan ibadah haji.

Produk tabungan ini memungkinkan nasabah untuk menabung secara teratur dengan target tertentu untuk biaya haji. Akad yang digunakan yaitu wadiah dan mudharabah muthlaqah.

Tabungan Berjangka Syariah

Tabungan syariah berjangka adalah jenis tabungan yang memungkinkan nasabah untuk menyetor uang dalam jangka waktu tertentu. Produk ini menawarkan tingkat keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa.

Nasabah tidak diperkenankan melakukan penarikan sebelum jangka waktu yang ditentukan. Biasanya, produk ini diberikan untuk berbagai tujuan, seperti sebagai tabungan umroh, tabungan qurban, hingga tabungan pendidikan anak.

Keuntungan Memiliki Tabungan Syariah

Tabungan syariah menjadi salah satu produk keuangan yang semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini karena produk didesain untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang ingin menabung dengan cara yang halal dan sesuai dengan ajaran Islam.

Berikut ini sejumlah kelebihan tabungan syariah yang dapat Anda rasakan:

  • Terhindar dari risiko riba dan hal-hal yang diharamkan dalam Islam.
  • Memberikan imbalan berupa bagi hasil yang kompetitif bagi nasabah. Besarannya memakai persentase yang jelas dan sudah dituangkan sejak awal dalam akad.
  • Pada tabungan syariah, nasabah tidak perlu khawatir tentang dana mereka digunakan untuk investasi yang tidak halal.
  • Risiko pada tabungan syariah lebih kecil dibandingkan dengan tabungan konvensional. Hal ini disebabkan karena tabungan syariah membatasi jenis investasi dan transaksi yang dapat dilakukan serta menghindari transaksi yang bersifat spekulatif.

Itulah informasi mengenai tabungan syariah yang dapat disampaikan. Sebelum memutuskan untuk membuka tabungan syariah, pastikan Anda mengetahui tujuan dan kebutuhan Anda agar seluruh dapat merasakan manfaatnya.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!


Post a Comment

0 Comments